Rabu, 17 Juni 2009

Tesis


ABSTRAK TESIS

Ina Herlina Kurniawati. Hubungan antara Kecerdasan Adversitas (Adversity Quotient) dan Pengetahun Information and Communication Technology (ICT) dengan Kreativitas Guru. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Pakuan. Bogor. 2009.


Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang terdiri atas 2 (dua) variabel bebas, yaitu kecerdasan adversitas dan pengetahaun ICT dan satu variabel terikat yaitu kreativitas guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan adversitas dan pengetahuan ICT baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kreativitas guru.

Penelitian ini dilakukan di SMK yang memiliki jurusan ICT se-Kota Sukabumi pada tahun 2009 dengan menggunakan metode survai. Responden yang telibat pada penelitian ini sebanyak 50 orang guru, yang karakteristiknya ditunjukkan berupa kecerdasan adversitas, pengtahuan ICT dan kreativitas.

Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak proporsional. Analisis data dilakukan melalui statistik parametrik yaitu menggunakan korelasi dan regresi sederhana serta korelasi dan regresi

ganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan taraf signifikansi 0,05 dan 0,01.

Hasil penelitian menghasilkan 3 (tiga) kesimpulan, yaitu (1) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan adversitas dengan kreativitas guru, yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = -79,4192 + 1,1906 X1 dan koefisien korelasi ry1 = 0,573; (2) ter-dapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pengetahuan ICT de-ngan kreativitas guru, dengan persa-maan regresi Ŷ = -1,2229 + 3,1101 X2 dan koefisien korelasi ry2 = 0,491. (3) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan adversitas dan pengetahau ICT secara bersama-sama dengn kreativitas guru, ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry.12 = 0,502 dan persamaan regresi Ŷ = -92,542 + 0,913 X1 + 1,797 X2.

Berdasarkan hasil temuan, maka kreativitas guru dapat ditingkat- kan melalui peningkatan kecerdasan adversitas dan pengetahuan ICT.



0 komentar:

Posting Komentar

 

My Dear Diary ..... | Copyright 2009 - Designed by Gaganpreet Singh